APA SAJA YANG DIBUTUHKAN UNTUK BELAJAR PEMROGRAMAN JAVA

Apa saja yang dibutuhkan untuk belajar pemrograman java. Kali ini saya akan berbagi cerita tentang belajar java. Berikut apa saja yang dibutuhkan untuk belajar pemrograman java SE Development Kit (jdk) pada masing-masing laptop / komputer.
Adapun yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut:
1. Seperangkat komputer / laptop dan sistem operasi windows
Ini merupakan syarat utama ketika ingin mempelajari java. Kalo tidak ada komputer sama laptop, terus bagaimana kita bisa koding, iya to?
2. Download java SE Development Kit (jdk)
Jdk merupakan software yang digunakan untuk melakukan proses kompilisasi dari kode java ke bytecode yang dapat dimengerti oleh jre. Sedangkan jre adalah software yang digunakan untuk menjalankan aplikasi yang dibangun menggunakan java. Biasanya java se development kit (jdk) dan jre bisa kita download dalam satu paket. Temen-temen bisa download disini.
3. Text editor
Text editor merupakan software yang digunakan untuk menulis skrip koding. Ada banyak jenis dari text editor yang bisa kita gunakan, untuk membuat program sederhana menggunakan console bisa menggunakan JCreator, NotePad++, sampai notepad bawaan windows yang ada di dalam laptop temen-temen.

Setelah semua hal di atas sudah siap, sekarang kita melakukan instalasi. Langsung saja kita instal java se development kit (jdk) yang tadi sudah kita download:
1. Klik dua kali pada file jdk yang sudah kita download tadi.

2. Next.

3.  Next lagi. 

4. Tunggu sampai proses instalasi selesai.

5.  Kita pilih folder tempat terinstalnya java se development kit (jdk), kemudian next.

6. Tunggu sampai proses instalasi selesai.

7. Instalasi sudah selesai, klik close untuk menutup proses instalasi



Disini saya menggunakan tampilan windows7 ya. Setelah proses install java se development kit (jdk) berhasil, selanjutnya kita akan melakukan cek apakah program java sudah berjalan di windows kita. Caranya dengan membuka Command Prompt pada windows, singkatnya klik star menu dan ketik “cmd” tanpa tanda petik lalu tekan enter.


Kemudian ketik javac + tekan enter. Jika muncul pesan seperti gambar di bawah “’javac’ is not recognized as an internal or external command, operable program or batch file sebenernya program java sudah aktif namun belum bisa di akses secara global.


Ketika kita belum melakukan setting path environment program java, maka kita hanya dapat menjalankan program console yang kita buat pada directory tempat kita menginstall java se development kit (jdk) tersebut.


Caranya cek status progam java adalah dengan membuka Command Prompt pada windows, singkatnya klik star menu dan ketik “cmd” tanpa tanda petik lalu tekan enter.
Setelah layar cmd muncul, kita ketik “cd/” untuk menuju halaman utama Localdisk C, kemudian masuk ke program files, java, jdk1.8.0_91, bin dan menjalankan javac di folder tersebut

Nah, untuk melalukan setting path environment java se development kit (jdk) ini dia caranya.
a.       Klik star menu, klik kanan Computer pilih properties

b.      Pilih advanced system settings

c.       Pilih environment variables

d.      Klik dua kali pada variable “Path”

e.       Kemudian tambahkan teks berikut: ;C:\Program Files (x86)\Java\jdk1.7.0_17\bin, klik oke


f.       Sekarang kita coba lagi buka cmd dan ketik javac, jika muncul seperti gambar di bawah ini,

Alhamdulillah.... program java akhirnya sudah bisa digunakan di semua Localdisk.


Oke temen-temen, sampai disini dulu sharing tentang persiapan dan seting path java se development kit (jdk). Semoga postingan ini bermanfaat bagi yang membutuhkan

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "APA SAJA YANG DIBUTUHKAN UNTUK BELAJAR PEMROGRAMAN JAVA"

Posting Komentar