Mengenal Macam-macam Komentar dalam Java dan Cara Penulisannya

Komentar adalah catatan atau tulisan yang dituliskan pada kode program dengan tujuan sebagai bahan dokumentasi. Teks tersebut bukan bagian dari program dan tidak mempengaruhi jalannya suatu progam. Java mendukung tiga (3) jenis komentar, yaitu C++ style komentar satu baris, C style beberapa baris, dan komentar javadoc khusus. Mungkin ada yang belum mengerti tentang jenis-jenis komentar yang disebutkan tadi, berikut adalah penjelasannya.

1. Penulisan Komentar C++ Style
Komentar C++ style diawali dengan // merupakan komentar yang terdiri hanya satu baris. Semua teks setelah // dianggap sebagai komentar. Berikut contohnya:
// This is a C++ style or single line comments

2. Penulisan Komentar C Style
Komentar C style atau juga disebut komentar beberapa baris diawali dengan /* dan diakhiri dengan */. Semua teks yang ada diantara dua tanda tersebut dianggap sebagai komentar. Berikut contohnya:
/* This is an example of a
    C style or multiline comments */

3. Komentar Javadoc Khusus
Komentar javadoc khusus digunakan untuk meng-generate dokumentasi HTML untuk program java Kalian. Kalian dapat menciptakan komentar javadoc dengan memulai baris dengan /** dan diakhiri dengan */. Seperti komentar C style, komentar javadoc khusus dapat menjangkau beberapa baris. Komentar ini juga dapat terdiri atas tag-tag untuk menambahkan lebih banyak informasi pada komentar Kalian. Berikut contohnya:
/**
  This is an example of special java doc comments used for \n generating an html documentation. It uses tags like:
@author inhadi
@version 1.2
 */


Sampai disini dulu tulisanku pada kesempatan ini, semoga bermanfaat bagi yang lagi nyari-nyari tentang komentar di java.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengenal Macam-macam Komentar dalam Java dan Cara Penulisannya"

Posting Komentar