Pengenalan bahasa java, latar belakang bahasa java, sejarah singkat java, teknologi java dan sebagian fitur java


a.       Sejarah singkat java dan pengenalan java
Pada tahun 1991, sekelompok insinyur SUN yang dipimpin oleh Patrick Nsughton dan James Gosling ingin merancang bahasa komputer untuk perangkat konsumer seperti cable tv box yang diberi nama kode “Green”. Karena orang-orang diproyek Green berbasis C++ maka kebanyakan sintak diambil dari bahasa C++, serta mengadopsi orientasi objek dan bukan prosedural. Awalnya bahasa ini diberi nama “Oak” oleh James Gosling yang terinspirasi dari sebuah pohon yang berada diseberang kantornya, namun dikarenakan nama bahasa pemrograman Oak sudah ada sebelumnya maka SUN mengganti dengan nama JAVA. Java sendiri didapat saat mereka sedang menikmati secangkir kopi disebuah kedai dan tidak sengaja salah satu dari mereka menyebut kata JAVA yang mengandung arti biji kopi. Akhirnya mereka sepakat memberi nama JAVA pada bahasa pemrograman tersebut.

b.      Teknologi java
1.      Java adalah bahasa pemrograman yang berorientasi objek (OOP) dan dapat dijalankan pada berbagai platform sistem operasi dan bersifat open source.
2.       Sebagai sebuah peralatan pembangun, teknologi java menyediakan banyak tools: compiler, interpreter, penyusun dokumentasi, paket kelas, dll.
3.      Aplikasi dengan teknologi java secara umum adalah aplikasi serba guna yang daoat dijalankan pada seluruh mesin yang memiliki Java Runtime Environment (JRE).
4.      Terdapat dua kompunen dari Deployment Environment. Pertama adalah JRE, yang terdapat pada paket J2SDK, mengandung kelas-kelas untuk semua paket yang meliputi kelas dasar java, komponen GUI dan sebagainya. Komponen yang lain terdapat pada Web Browser.

c.       Sebagian fitur java
1.      Java Virtual Machine (JVM)
JVM adalah sebuah mesin maya yang bekerja dengan menyerupai aplikasi pada sebuah mesin nyata. JVM menyediakan spesifikasi hardware dan platform dimana kompilasi kode java terjadi. Spesifikasi inilah yang membuat aplikasi berbasis java menjadi bebas dari platform manapun karena proses kompilasi diselesaikan oleh JVM.
2.      Garbage Collection
Program java melakukan garbage collection yang artinya progam tidak perlu menghapus sendiri objek-objek yang tidak digunakan lagi. Fasilitas ini mengurangi beban pengelolaan memori oleh programmer dan mengurangi sumber kesalahan terbesar yang terdapat pada bahasa yang memungkinkan alokasi dinamis.
3.      Code Security
Code security pada java terimplementasi melalui penggunaan java runtime environment (JRE). Java menggunakan model pengamanan 3 lapis untuk melindungi sistem dari untrusted java code.
a.       Pertama, class-loader menangani pemuatan kelas java ke runtime interpreter. Proses ini menyediakan pengamanan dengan memisahkan kelas-kelas yang berasal dari jaringan.
b.      Kedua, bytecode verifier membaca bytecode sebelum dijalankan dan menjamin bytecode memenuhi aturan-aturan dasar dalam java.
c.       Ketiga, menajemen keamanan menangani keamanan tingkat aplikasi dengan mengendalikan apakah program berhak mengakses sumber daya seperti sistem file, port jaringan, proses eksternal dan sistem windowing.

Setelah ketiga proses diatas selesai dijalankan, baru kode program dieksekusi.

Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "Pengenalan bahasa java, latar belakang bahasa java, sejarah singkat java, teknologi java dan sebagian fitur java"

  1. terimakasih kak, sudah mengunjungi blog saya

    BalasHapus
  2. Terimakasih banyak masukannya mas, tetap pantau coretanku selanjutnya ya kak

    BalasHapus