Pernyataan dalam Java dan Blok, Java Identifier, dan Keyword dalam Java

Tentang pernyataan dalam Java dan Blok, Java Identifier, dan Keyword dalam Java. Bagi kita yang sedang mulai belajar java pasti belum begitu familiar dengan Pernyataan dalam Java dan Blok, Java Identifier, dan Keyword dalam Java. Bsgi kalian yang sedang mencari-cari artikel tersebut, berikut penjelasan mengenai pernyataan dalam Java dan Blok, Java Identifier, dan Keyword dalam Java.

1. Pernyataan
Pernyataan adalah satu atau lebih baris kode yang diakhiri dengan semicolon. Berikut adalah contoh untuk pernyataan tunggal:
System.out.println(“Hello world”);
Blok adalah satu atau lebih pernyataan yang terbentang antara kurung kurawal buka dan kurung kurawal tutup yaitu sekumpulan pernyataan sebagai satu unit kesatuan. Blok pernyataan dapat dkumpulkan akan tetapi tidak secara pasti mempunyai keterkaitan fungsi. Beberapa jumlah spasi kosong diizinkan terdapat didalamnya. Berikut adalah contoh satu suatu blok:
            Public static void main ( String args){
          System.out.println(“Hello”);
          System.out.println(“world”);
}


2. Java Identifier
Java identifier adalah suatu tanda yang mewakili nama-nama variabel, method, class, dan lain-lain. Contoh dari identifier adalah: Hello, main, System, out. Identifier tidak dapat menggunakan kata kunvi dalam java seperti class, public, void, dan lain-lain. Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat case sensitive, contohnya seperti: Hello tidak sama dengan hello.

3. Keyword dalam Java
Kata kunci merupakan identifier yang telah dipesan untuk didefinisikan sebelumnya oleh Java untuk tujuan tertentu. Kita tidak bisa menggunakan keyword sebagai nama variabel, class, dan method. Dibawah ini saya tuliskan daftar kata kunci dalam Java:
Abstract
Continue
For
New
Switch
Assert
Default
Goto
Package
Synchronized
Boolean
Do
If
Private
This
Break
Double
Implements
Protected
Throw
Byte
Else
Import
Public
Throws
Case
Enum
Instanceof
Return
Transient
Catch
Extends
Int
Short
Try
Char
Final
Interface
Static
void
Class
finally
long
strictfp
volatile
Const
float
native
super
while

Tambahan sedikit buat kita, true, false, dan null bukan termasuk kata kunci akan tetapi mereka termasuk kata-kata khusus, jadi kita tidak dapat menggunakan kata-kata khusus tadi sebagai nama variabel pada progam kita.

4. Java Literals
Literals adalah tanda bahwa tidak terjadi perubahan atau konstan. Macam-macam literals dalam Java meliputi: Integer Literals, Floating-Point Literals, Boolean Literals, Character Literals, dan String Literals.

a. Integer Literals
Integer literals dibedakan menjadi tiga format, yaitu: desimal, heksadesimal, dan oktal. Default tipe data integer literals adalah int.

b. Floating-Point Literals
Floating point literals mewakili bentuk desimal dengan bagian yang terpisah. Sebagai contoh adalah 3,142857. Floating point literals dapat dinyatakan dalam bentuk standar atau scientific. Bentuk standarnya adalah 3,14 dan bentuk scientific menjadi 3,1428e2. Default dari floating point literals adalah tipe data. 

c. Boolean Literals
Boolean literals hanya memiliki dua nilai, yaitu: true atau false.

d. Character Literals
Character literals diwakili oleh karakter single Unicode. Unicode memungkinkan penggunaan simbol dan karakter khusus dari bahasa lain. Contoh penggunaannya adalah: huruf a, diwakili sebagai ‘a’. Contoh lain ‘\n’ untuk karakter baris baru, ‘\r’ untuk menyatakan nilai balik (carriage return), ‘\b’ untuk backspace.

e. String Literals
String literals mewakili beberapa karakter dan dinyatakan dalam tanda double pute (“ ”) (double qoutes). Contohnya adalah Hello World”.

Demikian postingan kali ini tentang pernyataan dalam Java dan Blok, Java Identifier, dan Keyword dalam Java, semoga bermanfaat buat temen-temen terutama yang membutuhkan. Bagi yang tidak membutuhkan bisa dijadikan sebagai tambahan ilmu.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pernyataan dalam Java dan Blok, Java Identifier, dan Keyword dalam Java"

Posting Komentar