Mengapa Harus Mempelajari Bahasa Pemrograman JAVA?

Mengapa Harus Mempelajari Bahasa Pemrograman JAVA? itu yang mungkin ada dari teman-teman pikirkan ketika hendak mempelajari bahasa pemrogaman JAVA. berikut akan saya paparkan sedikit tentang mengapa kita harus mempelajari bahasa pemrograman JAVA.

1. Sederhana
Bahasa java menggunakan sintak yang miri dengan bahasa C++ tetapi sintak pada java telah banyak diperbaiki terutama menghilangkan penggunaan pointer yang rumit dan multiple inheritance. Java juga menggunakan automatic memory allocation dan memory garbage collection.

2. Berorientasi objek
Karena berorientasi objek, maka program dapat dibuat secara dengan modular dan dapat dipergunakan kembali. Pemrograman berorientasi objek memodelkan dunia nyata kedalam objek dan melakukan interaksi antar objek-objek tersebut.

3. Dapat didistribusikan dengan mudah
Java dibuat untuk membuat aplikasi terdistribusi secara mudah dengan adanya libraries networking yang terintegrasi pada java.

4. Interpreter
Program java dijalankan menggunakan interpreter, yaitu JVM. Hal ini menyebabkan source code java yang telah dikompilasi menjadi java bytecode dapat dijalankan pada platform yang berbeda-beda.

5. Robust
Compiler pada java mempunyai kemampuan mendeteksi error secara lebih teliti dibandingkan bahsa pemrograman lain. Java mempunyai runtime exception handling untuk membantu mengatasi error pada progam.

6. Aman
Sebagai bahasa pemrograman untuk aplikasi internet dan terdistribusi, java memiliki beberapa mekanisme keamanan untuk menjaga aplikasi tidak digunakan untuk merusak sistem komputer yang menjalankan aplikasi tersebut.

7. Architecture nuetral
Program java merupakan platform independent. Program cuko mempunyai satu buah versi yang dapat dijalankan pada platform yang berbeda dengan JVM.

8. Portable
Source code maupun progam java dapat dengan mudah dibawa ke platform yang berbeda-beda tanpa harus dikompilasi ulang.

9. Performance
Meskipun performance java kurang tinggi, namun masih dapat ditingkatkan menggunakan kompilasi java lain seperti inprise, microsoft, dll.

10. Multithreaded
Java mempunyai kemampuan untuk membuat suatu progam yang dapat melakukan beberapa pekerjaan secara sekaligus dan simultan.

11. Dinamis
Perubahan pada suatu class dengan menambahkan properties ataupun method dapat dilakukan tanpa mengganggu progam yang menggunakan class tersebut.

Demikian posting tentang Mengapa Harus Mempelajari Bahasa Pemrograman JAVA? Semoga posting yang sedikit ini bisa membantu temen-temen yang kiranya membutuhkan alasan mengapa harus mempelajari bahasa java.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengapa Harus Mempelajari Bahasa Pemrograman JAVA?"

Posting Komentar