5.1.
Microsoft Word
Microsoft Office Word merupakan program aplikasi pengolah kata (word processor) yang biasa digunakan untuk membuat laporan, dokumen berbentuk surat. Versi microsoft word mulai dari Word 2000, 2003, 2007, 2010, 2013, 2016, 2019, 2021. Menu microsoftword terdiri dari beberapa tab yang terdiri dari beberapa grup yang masing-masing grup terdiri dari beberapa perintah singkat/ icon.
· Tampilan awal Microsoft Word
Pilih Start > Word 2016 (Jika dibuka di Windows 10), kemudian akan muncul tampilan permulaan.
· Tampilan Microsoft Word
Keterangan Gambar
:
1. Quick Access, merupakan tombol yang berisi menu simpan, undo (urung) dan redo
(mengulangi), kita dapat menambahkan menu-menu yang tampil sesuai keinginan.
2.
Tab Menu/ Menu bar, merupakan tab dari menu-menu yang ada pada Microsoft Word 2016.
3. Judul dokumen, merupakan judul dari file/ dokumen.
4.
Ribbon, Ribbon berisi
semua perintah yang Anda perlukan
dalam melakukan tugas
umum di Word. Pita memiliki
banyak tab, masing-masing tab dengan beberapa kelompok perintah
5. Minimize, digunakan untuk menyembunyikan jendela/
dokumen.
6. Maximize/ restore digunakan untuk
menampilkan jendela/ dokumen.
5.1. Mengaktifkan Menu-menu
a.
Tampilan Backstage
Tampilan
Backstage menampilkan pilihan untuk menyimpan, membuka file, mencetak, dan berbagi dokumen
Anda. Untuk mengakses tampilan Backstage, klik tab
File pada Pita.
l
Return to Word: Anda dapat
menggunakan panah untuk menutup tampilan Backstage dan kembali ke Word.
l
Info: Panel Info akan muncul setiap kali Anda mengakses tampilan Backstage. Ini
berisi informasi
tentang dokumen saat ini. Anda juga dapat memeriksa dokumen
untuk menghapus informasi pribadi dan melindunginya, mencegah orang lain
membuat perubahan.
l
New: Dari sini, Anda dapat membuat dokumen
kosong yang baru, atau Anda dapat memilih
dari pilihan template.
l
Open: Dari sini,
Anda dapat membuka
dokumen yang disimpan
pada komputer atau OneDrive
Anda.
l
Save dan Save As: Anda akan menggunakan Save dan Save As untuk menyimpan dokumen
ke komputer atau OneDrive Anda.
l
Print: Dari panel Print, Anda dapat mengubah
pengaturan pencetakan dan mencetak buku kerja Anda. Anda juga dapat melihat
preview dari dokumen Anda.
l Share: Dari sini, Anda dapat mengundang orang untuk melihat dan berkolaborasi pada dokumen Anda.
l
Export: Dari sini,
Anda dapat mengekspor dokumen Anda menjadi
file dengan format
lain, seperti PDF / XPS.
a.
Menu Home
Clipboard
-
Paste, menempatkan tulisan/ gambar yang telah
disalin sebelumnya. Menu Paste dapat juga di akses dengan menggunakan shortcut
yaitu dengan menekan tombol CTRL + V secara bersamaan.
-
Cut, memindahkan obyek berupa tulisan/ gambar ditempat lain dalam dokumen.
-
Copy, menyalin obyek berupa tulisan/
gambar. Menu Copy dapat juga diakses
dengan menekan tombol CTRL + C secara
bersamaan.
-
Format Painter, digunakan untuk
menyamakan format sebuah paragraf dengan format paragraf
lain. Caranya dengan
blok paragraf yang akan disalin formatnya, lalu klik Format Painter kemudian klik paragraf
yang akan disamakan formatnya. Atau dengan dengan tekan tombol CTRL + SHIFT + C
secara bersamaan pada paragraf yang akan
disalin formatnya, lalu tekan tombol CTRL + SHIFT + V pada paragraf yang akan disamakan formatnya.
Font
Dengan menu font kita dapat melakukan
modifikasi dan penyesuaian (costumize) terhadap teks tulisan yang ada dalam
dokumen.
-
Jenis tulisan dapat ditentukan dengan memilih
jenis-jenis tulisan yang disediakan.
-
Format tulisan berupa huruf menjadi tebal, miring, atau tulisan diberi garis
bawah dapat pula dilakukan dengan memilih kelompok menu pada ribbon Font.
-
Tulisan dapat dibuat dengan format memiliki garis ditengahnya, seperti contoh TULISAN dengan memilih menu Striketrough.
-
Untuk membuat tulisan menjadi subscript ataupun superscript dapat dipilih menu Subscript untuk merubah menjadi subscript atau Menu Superscript untuk merubah menjadi
superscript.
-
Tulisan yang
ada dapat juga dilakukan modifikasi seperti membuat seluruh huruf menjadi
huruf kecil dengan memilih menu Lowercase, membuat seluruh huruf menjadi huruf besar
dengan memilih menu Uppercase, membuat huruf awal dari kata menjadi huruf bersar
dengan memilih menu Capitalize Each Word, atau membuat variasi
huruf menjadi besar dan kecil dengan memilih menu Toggle Case.
Paragraph
-
Untuk melakukan bullet, penomoran atau penomoran bertingkat maka dapat digunakan menu menu Bullets untuk
melakukan bulleting, menu Numbering untuk melakukan penomoran
atau menu Multilevel List untuk
melakukan penomoran bertingkat.
-
Untuk melakukan menambahan atau pengurangan indent level dari paragrap
maka dapat digunakan menu Increase Indent untuk melakukan penambahan atau Decrease Indent untuk melakukan
pengurangan indent.
-
Untuk
mengurutkan huruf secara alfabetis atau mengurutkan angka dapat digunakan menu Sort.
-
Untuk
menampilkan tanda paragraf atau format simbol yang tersembunyi dapat digunakan menu Show/Hide ¶.
-
Untuk melakukan
pengaturan perataan
maka dapat dipilih salah satu menu perataan
yang ada.
-
Untuk melakukan pengaturan spasi antar baris teks atau antar paragraf.
-
Untuk mengubah
warna di belakang
teks, paragraf atau sel tabel
yang dipilih. Border digunakan untuk tambahkan atau menghapus batas pada tabel sesuai
pilihan anda.
Editing
Menu editing
dapat digunakan ketika
ingin melakukan kegiatan
berupa mencari kata tertentu
dengan menggunakan menu Find, mengganti kata tertentu dengan kata lain dengan
menggunakan menu Replace, dan
menu Select untuk
memilih seluruh isi dokumen (Select All), memilih obyek tertentu (Select Objects)
dan memilih tulisan
yang memiliki format yang sama (Select Text with Similar Formatting).
Illustrations, menu ini digunakan untuk menambah obyek pada dokumen.
-
Pictures, berfungsi untuk menambahkan gambar
pada dokumen. Dengan menu ini kita
dapat mengambil gambar yang berada pada komputer.
-
Online Pictures, berfungsi untuk
menambahkan gambar pada dokumen yang diambil dari internet.
-
Shapes, menu ini menyediakan beberapa
bentuk obyek yang dapat ditambahkan pada dokumen.
- SmartArt, menu SmartArt
menyediakan bentuk obyek berupa bagan
yang tervisualisasi untuk mengomunikasikan informasi. Bagan yang disediakan berupa List, Process,
Cycle, Hierarchy, Relationship,
Matrix dan Pyramid.
Links, untuk membuat
tautan MS. Word juga menyediakan menu
Tautan.
- Hyperlink, untuk membuat link menuju dokumen/ file lain.
Header &
Footer, menu ini menyediakan pembuatan
kepala surat dengan menu Header,
kaki surat dengan menu Footer, dan
penomoran halaman dengan menggunakan menu Page Number.
Text, menu Insert Text dapat digunakan untuk melakukan modifikasi pada teks/ tulisan yang ada pada dokumen.
-
Text Box, menu ini berfungsi untuk membuat
tulisan menjadi box atau kotak. Ada beberapa
pilihan box yang disediakan.
-
QuickParts, menu ini berfungsi untuk sisipkan teks yang sudah
diformat, teks-otomatis,
properti dokumen dan bidang di mana saja di dokumen.
- WordArt, menu ini berfungsi untuk melakukan modifikasi terhadap tulisan. Terdapat berbagai macam format tulisan yang disediakan, seperti yang terlihat pada gambar berikut :
-
Drop Cap, menu ini digunakan untuk membuat huruf
awal dari sebuah paragraf atau kalimat menjadi huruf besar.
Symbols, Microsoft Word menyediakan menu untuk menambahkan simbol.
-
Equation, menu ini menyediakan formula persamaan
matematika. Simbol persamaan yang telah dibuat dapat dimodifikasi sesuai
keinginan.
-
Symbol, menu ini menyediakan berbagai macam simbol.
b.
Menu Layout
Page Setup, untuk menentukan pengaturan halaman antara lain margin, orientasi kertas, ukuran kertas, jumlah kolom, pemisah halaman dan nomor baris.
-
Margins, digunakan untuk mengatur batas tepi halaman
dapat dilakukan.
- Orientation, pengaturan posisi kertas berupa portrait (potret) atau landscape (bentang).
- Size, untuk menentukan ukuran kertas yang ingin digunakan Microsoft Word 2016.
-
Breaks, menu ini digunakan untuk loncat ke
bagian tertentu pada dokumen Dengan menu Break kita dapat menuju ke halaman
berikutnya, ke kolom selanjutnya dan sebagainya.
Paragraph, menu ini berfungsi untuk melakukan pengaturan terhadap halaman pada dokumen.
-
Indent, menu ini digunakan untuk membuat paragraf
menjorok ke kiri dan atau ke kanan sesuai kebutuhan.
-
Spacing, pemberian spasi pada dokumen dapat menggunakan menu Spasi.
b. Menu Reference
Table of Contents,
menu ini berfungsi untuk membuat daftar isi dari dokumen yang bersangkutan. Menu ini dapat digunakan apabila pada dokumen telah dilakukan pengaturan
pada judul sub judul dan seterusnya dengan menggunakan pengaturan format
penulisan berupa Judul 1, Judul 2 dan seterusnya dengan menggunakan menu Home > Styles. Menu ini akan otomatis
membaca pengaturan tersebut
dan menjadikannya daftar
isi.
- Table of Contents, menu ini berfungsi untuk membuat daftar isi pada dokumen.
-
Add Text, menu ini digunakan untuk
menambahkan paragraf tertentu
ke dalam daftar isi.
- Update Table, menu ini berfungsi
untuk memperbarui daftar isi apabila terjadi penambahan atau pengurangan isi dokumen.
Belum ada tanggapan untuk "MICROSOFT WORD"
Posting Komentar